Cara memasang Jumper Harddisk Dengan Benar
04.09 | Author: www.blogudin.com
Sering kali ketika kita menginstall sebuah harddisk baru dan kita akan menginstall windows, kita acap kali melupakan peran sebuah jumper harddisk . Sebelumnya, apasih jumper itu? buat apa jumper itu?, jumper adalah sebuah alat kecil yang berguna untuk memindahkan status sebuah Drive disk (harddisk, CdRoom). Yang saya maksud status drive disk adalah meliputi Drive sebagai channel Master atau channel Slave.
Nah yang dimaksud channel Master disini adalah suatu posisi dalam Bios sebagai posisi yang pertama, sedangkan channel Slave adalah suatu posisi dalam Bios sebagai posisi yang kedua setelah Channel Master.

Lihat gambar 1.


Coba anda amati pada kolom tengah terdapat sebuah benda kecil berwarna biru? nah itulah yang dinamakan jumper. Sedangkan cara penggunaannya sebagai berikut :
  • Apabila jumper dipindah kan pada posisi ke-2 maka status harddisk tersebut menjadi MASTER, contoh : [ : # : : ]
  • Apabila jumper dicopot maka status jumper menjadi SLAVE. Contoh : [ : : : : ]
  • Apabila anda ingin menggunakan harddisk untuk menginstall windows, gunakanlah Jumper Mode Master.
  • Apabila anda ingin menggunakan harddisk sebagai penyimpanan data standar dan bukan merupakan sistem windows, maka gunakan Mode SLAVE.
 Yang perlu anda ingat adalah bagaimana dalam perawatan harddisk agar tidak mudah rusak. Saya telah mengulas tentang materi itu silahkan lihat artikel nya juga klik [disini]


Detail : http://www.softkid.net/2009/12/cara-memasang-jumper-harddisk-dengan.html#close#ixzz14mopJ4IK
|
This entry was posted on 04.09 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

3 komentar:

On 11 Juli 2012 pukul 08.23 , Unknown mengatakan...

itu gambarnya mana gan,,trus yang dipake HDD apa?

 
On 26 Agustus 2013 pukul 18.09 , Unknown mengatakan...

gembel amat

 
On 29 Maret 2014 pukul 04.39 , Unknown mengatakan...

link'y rusak...